Posted by : Aaron John Friday 12 July 2013

Pada Pada situs resminya http://java.sun.com bisa ditemui tiga pembagian paket Java yaitu :
a.Java 2 Enterprise Edition (J2EE).
J2EE adalah singkatan dari Java 2 Enterprise Edition.  J2EE adalah sebuah platform pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi arsitektur distributed multi-tier, yang sebagian besar berbasiskan komponen modular yang berjalan pada application server.

Platform J2EE didefinisikan dengan sebuah spesifikasi dan secara informal dianggap sebagai bahasa atau kode karena provider harus menyepakati persyaratan persesuaian tertentu demi mendeklarasikan produk mereka se­bagai J2EE compliant walaupun tanpa standar ISO atau ECMA.
Paket J2EE digunakan pada perangkat keras yang mempunyai spesifikasi dan memory yang besar seperti pada komputer server.

b. Java 2 Standard Editon (J2SE).
Paket J2SE digunakan pada perangkat keras seperti komputer desktop( ini yang sedang kita pelajari disini).

c. Java 2 Micro Edition (J2ME).
J2ME (Java 2 Micro Edition) merupakan subset dari J2SE yang ditujukan untuk implementasi pada peralatan embeded system dan handheld yang tidak mampu mendukung secara penuh implementasi menggunakan J2SE.

J2ME adalah teknologi Java yang diperuntukkan perngkat-perngakat kecil consumer device , terutama wireless. Bebrapa perangkat wireless antara lain PC, PDA, communicator, embedded device, smart card dan ponsel. Teknologi Java mungkin merupakan satu-satunya cara memprogram beberapa perangkat, berbagi logic antara perangkat dan server, pengantaran aplikasi secara dinamis, program yang kompak, lingkungan pengembangan yang aman dan cepat. J2ME memungkinkan perangkat lunak dapat di-download perangkat sekaligus memungkinkan layanan yang dapat disesuaikan di beragam perangkat.
Paket J2ME digunakan pada perangkat yang memiliki memory kecil seperti ponsel,pager atau PDA.

sources:
http://www.politeknik-lp3i-bandung.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=226:tentang-j2me&catid=62:java&Itemid=148
http://ceritaaufklarung.wordpress.com/2011/10/10/java-standart-edition-j2se/
http://www.kamuslife.com/2013/01/j2ee-adalah-arti-kata-dan-istilah.html
image:
http://www.techiegeex.com/images/java/java1.jpg

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Blogger templates

Powered by Blogger.

- Copyright © JAVA PHP Tutorial -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -